Minggu, 23 Februari 2014

PENGERTIAN DAN JENIS IKLAN ONLINE




Iklan online atau Online Advertising adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan.

Secara garis besar, Pengertian iklan online atau online advertising dengan iklan konvensional yang kita kenal selama ini hampir sama. Yang jadi pertanyaan, Apa beda Iklan online dengan iklan non online (iklan secara umum) Yang selama ini kita kenal?, Yang jelas karena adanya jaringan internet untuk iklan online. Untuk menyegarkan pemahaman kita terhadap definisi iklan, Saudara bisa baca artikel definisi iklan dibawah ini; 





Jenis-Jenis Iklan Online  | Iklan di dunia online hampir mirip dengan iklan di dunia nyata. Ada iklan baris di suratkabar, iklan video di televisi, iklan suara di radio. Begitu juga di dunia online atau internet. Ada iklan berupa beberapa baris tulisan yang disertai linknya, ada iklan berupa gambar, ada iklan video. Tapi bukan itu yang akan dijabarkan di sini. Kita hanya akan membahas beberapa bentuk bayaran yang ditawarkan oleh program-program di internet untuk setiap iklan mereka yang anda pasang di blog anda.

• CPC (Cost Per Click)
Jenis iklan seperti ini adalah iklan yang menghitung bayaran untuk setiap klik yang didapatkan. Anda sebagai pemilik blog, akan mendapatkan imbalan untuk setiap klik terhadap iklan tersebut yang dilakukan oleh pengunjung blog anda.


Iklan CPM disebut juga Cost Per Impression. Anda akan mendapatkan imbalan jika iklan yang dipasang sudah mendapatkan 1000 pengunjung, atau dilihat sebanyak 1000 kali.

• CPA (Cost Per Action)
Ini jenis iklan yang hanya akan memberikan imbalan untuk setiap tindakan yang dilakukan pengunjung lewat link dari iklan yang dipasang di blog anda. Dengan kata lain, anda hanya akan mendapatkan dolar ketika pengunjung blog anda meng-klik iklan tersebut, kemudian mendaftar menjadi anggota atau membeli sesuatu pada perusahaan yang anda pasang iklannya. Jika mereka hanya meng-klik atau melihat iklan tersebut, itu tidak dihitung sebagai sebuah tambahan.

• Iklan berbasis waktu
Iklan jenis terakhir ini akan memberikan imbalan pada anda untuk setiap kontrak iklan yang dipasang di blog anda. Dengan kata lain, mereka akan membayar anda untuk menempatkan iklannya di blog anda dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.





2 komentar:

  1. terimakasih atas infonya untuk menambah wawasan terhadap bisnis online

    jika berkenan silahkan kunjungi blog kami : http://cvams99.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Mantap infonya broo... di tingkatkan lagi nih untuk artikel2 bermanfaatnya..
    Thanks
    Jasa Buat Website

    BalasHapus